PUNCAK MUSABAQOH AZAN NASIONAL (MAN) SUKSES DIGELAR MERIAH.

0
27

 

PUNCAK MUSABAQOH AZAN NASIONAL (MAN) SUKSES DIGELAR MERIAH.

 

Jakarta, Sabtu 18 Juni 2022.

 

Puncak acara Gran Final dari Musabaqah Azan Nasional (MAN) I Tahun 2022 telah usai digelar di Masjid Istiqlal Jakarta dengan meriah tetap khidmah. Meskipun dengan tetap dalam protokol kesehatan, acara berlangsung dihadiri para tokoh nasional penting, termasuk tamu dari luar negeri. Wapres ke 10 dan 12, HM Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum DMI didampingi Menteri Ekonomi Kreatif RI, Dr H Sandiaga Salahuddin Uno. Selain secara luring, panitia juga menyiapkan link secara virtual melalui Zoom diikuti oleh pengurus DMI provinsi dan kabupaten se Indonesia.

Azan merupakan seruan penting bagi setiap Islam untuk beribadah. Terlebih di negara dengan jumlah masjid yang sangat banyak dan penduduk Islamnya melimpah, saat waktu shalat kumandang azan bergema tiada henti. Untuk itu diperlukan kualitas azan yang indah, merdu nan syahdu yang menggugah untuk menyegerakan shalat di rumah ibadah. Melalui ajang MAN 2022 ini, Kita menyeleksi dan membina para muazin dalam menggugah dan menyerukan umat untuk beribadah dan meraih kemenangan.

Sementara itu, Menteri Kemenparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno, merespon pesona keindahan alam
menjadi konten dan sumber inspirasi dalam tiap video Musabaqah azan yang sangat menyentuh. Banyak karya kreatif dan inovatif terlahir dari ajang Musabaqah ini, bermanfaah juga bagi syiar keindahan Wisata religi nusantara”, turut Menteri Sandiaga Uno dalam sambutannya.

Di tengah suasana pandemi, dimana terjadi pembatasan kegiatan sosial dan aktivitas rumah ibadah pun mengalami pembatasan jumlah jamaah,
Dewan Masjid Indonesia Indonesia menginisiasi kegiatan Musabaqah Azan Nasional (MAN) Tahun 2022. Kegiatan perdana ini dilaksanakan menjelang Ramadhan 1443 H hingga Mei 2022 dalam menyambut Milad ke 50 Dewan Masjid Indonesia.

Alhamdulillah, Grand Final dilanjut pengumuman dan pembagian Hadiah dapat dilaksanakan pada Jumat, 17 Juni 2022 hingga pukul 17.20 WIB di Masjid Istiqlal Jakarta.

Acara semakin meriah karena dihadiri oleh tamu khusus dari Imam Besar Muslim Rusia, Syeikh Albir Krganof, dengan rombongannya yang tengah dalam muhibbah ke Indonesia.

Dengan dukungan Pemuda dan Remaja Masjid DMI, kegiatan MAN 2022 diikuti 420 peserta. Dari lomba kreatif dan inovatif tersebut, Pembuatan Video azan dilatari pesona wisata religi nusantara yang sangat indah. Dewan juri telah menyeleksi semua Video yang diterima Panitia, hingga akhirnya menjadi 100 Video yang dipublish di link resmi youtube kepanitiaan Musabaqah Azan Nasional.

Akhirnya, Penilaian mengerucut menjadi 10 besar dan Juara Pavorit. Kesepuluh nominator terbaik dinilai dengan menyertakan penilaian Dewan Juri Kehormatan yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kemenag RI yang diwakili Direktur Urais dan Binsyar, H Muhammad Adib.

Ketua Dewan Juri mengumumkan para peraih penghargaan. Juara 1, 2, 3, dan harapan yaitu : Fahmi Azis (Yogyakarta), Afifi Umar (Bekasi), Habibi Hasan (Makassar) dan Muhammad Yusuf (Lumajang). Juara Pavorit diraih Hari Sanjaya Siregar (Medan) mendapat hadiah ibadah Umrah.

Suka cita atas antusiasme dan semangat dari para peserta seluruh Indonesia yang dalam 2 pekan menghasilkan 420 peserta. Khusus Juara Pavorit mendapatkan Hadiah istimewa berupa Ibadah Umrah, dari mitra Gema Cinta Sholawat. Serta Beberapa hadiah menarik lainnya.

Acara Grand Final pada Jumat sore dihadiri oleh Ketua Umum PP DMI, HM Jusuf Kalla, Wapres RI ke 10 dan 12; Menteri Pariwisata RI, H Sandiaga Salahuddin Uno; Kementerian Agama RI, Pimpinan DMI Pusat, dan Pimpinan Ormas Islam Pusat secara Off Line.
Termasuk para Pimpinan Wilayah Provinsi DMI dan Kabupaten/Kota hadir melalui Zoom yang disediakan Panitia sekitar 1.000 partisipan.

Hadir juga *Ketua Umum DPP Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), Dr. H. Serian Wijatno* yg juga pimpinan pusat DMI, dan Ketua Umum Inkopontren, Dr H Muhammad Syukri, bersama pengurus lainnya. Demikian juga Imam besar masjid Istiqlal, Prof Dr H Nasaruddin Umar, MA.

Atas gagasan bapak HM Jusuf Kalla, kegiatan MAN 2022 akan terus dilanjutkan pada tahun mendatang sehingga menjadi ajang rutin gema Musabaqah Azan Nasional 2023 pada tahun berikutnya akan lebih meriah dan semarak lagi. Pak JK ternyata juga termasuk pelopor Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang pertama kali digelar di Makasar. Kali inipun Beliau, kembali bakal mengukir sejarah dan legacy bagi kegiatan Musabaqah

Azan Nasional yang juga akan menjadi Duta Masjid Indonesia ke ajang Musabaqah Azan tingkat dunia.

(Lili Judiarti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here