Grand Opening “March Animal Clinic”

0
387
Drh. Wywy Goulda March

 

Grand Opening “March Animal Clinic”

 

Jakarta, Pendidikankristenri.com

 

March Animal Clinic adalah nama Klinik hewan yang didirikan oleh Dokter Hewan Wywy. Diambil dari nama belakangnya yaitu Wywy Goulda March. Selain itu arti “March” dalam bahasa inggris adalah perjalanan, sama seperti perjalanan karirnya yang membutuhkan waktu dan perjuangan yang panjang untuk diraih.

Drh. Wywy lulus Tahun 2009 dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Setelah lulus, ia berpraktek sebagai Dokter Rawat Inap Hewan di sebuah klinik di Bintaro, Tangerang Selatan selama 3 tahun.
Pada Tahun 2012, ia merasa telah memiliki modal keterampilan yang cukup untuk membuka praktek mandiri, Wywy kemudian membuka klinik hewan di Ciracas, JL. Kelapa Dua, Wetan, Jakarta Timur. Ia menyewa rumah kecil di pinggir jalan karena saat itu tidak sanggup menyewa ruko, “Lokasi Strategis itu yang terpenting agar mudah terjangkau oleh pemilik hewan”, kata Wywy.

Pada tahun 2016, Wywy mengembangkan usaha di bidang klinik hewan dengan membuka cabang di Bojong kulur, Ruko Kirana Mas. Posisi ruko berada di pojok, sehingga kurang terlihat oleh customer atau pengendara. Pada tahun ke 4, ruko disampingnya yang berada di bagian tengah dan memiliki posisi yg strategis, dijual oleh pemiliknya. Tidak ingin membuang kesempatan, ia memutuskan untuk membeli ruko tersebut. Dengan posisi ruko yang strategis, ia berharap mampu menambah daya tarik customer untuk datang ke tempat ini. Ia pun merekrut dua dokter hewan, yang ikut berpraktek di tempat ini sesuai jadwal masing-masing.

Selain Klinik Bojongkulur, Wywy memiliki klinik utama di Ciracas yang sedang dalam tahap pembangunan 3,5 lantai berdiri di atas lahan seluas 200 meter. Bangunan permanen ini akan digunakan untuk mengganti klinik yang saat ini masih berupa rumah yang disewa di Jalan Kelapa Dua, Wetan. Diperkirakan Klinik Utama akan selesai di awal Tahun 2021. Ia selalu memiliki perencanaan yang bertahap dalam Pengembangan Kualitas dan Kuantitas Kliniknya. Semua dikerjakan secara bertahap dan tidak tergesa-tega.

March Animal Clinic dikembangkan secara kekinian sesuai dengan perkembangan zaman, suasana klinik dibuat instagramable dan mengusung konsep kekinian. Promosi dilakukan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Whatsapp, dan lain-lain. Tempat dibuat nyaman dan memuaskan menggunakan AC, sarana yang ada berupa fasilitas Ruang Dokter, Ruang Tunggu, Ruang Laboratorium, Ruang Rawat Inap anjing dan kucing baik infeksius maupun non-infeksius, Ruang Salon Hewan, dan area petshop. Hal ini dilakukan untuk memberikan konsep one stop service yang nyaman bagi customer. Sehingga pemilik hewan merasa yakin akan pelayanan dan pengobatan di tempat tersebut. “Serve better serve with heart, inilah tujuan dan motto pelayanan Klinik kami”, jelas Wywy.

Apa yang mendorong Wywy sehingga menjadi Dokter Hewan yang sangat memperhatikan pelayanan dan kesehatan hewan? Sejak kecil, ia memiliki rasa sayang terhadap hewan, bahkan mau membeli hewan tersebut dengan uang yang dikumpulkannya. Ikan, kucing, anjing, kura-kura, kelinci, dan juga hewan lainnya. Dari usia dini, ia sudah bersahabat dengan hewan. Beranjak dewasa, ia masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yaitu IPB melalui jalur PMDK. Dia memilih jurusan kedokteran hewan melalui saran dari almarhum ayahnya, yang menginginkan dirinya dapat memajukan kesehatan hewan di Indonesia.

Setelah 5 tahun praktek sebagai dokter hewan umum, ia memiliki minat mendalami satu jurusan di bidang bedah hewan. Oleh sebab itu, ia mengambil program dua tahun postgraduate study di bidang small animal surgery, Australia.

Di penghujung wawancara saya dengan Wywy, saya bertanya tentang Visi Misi dan dibukanya Klinik Hewan. Wywy menjawab: “Visi Misi kami adalah Pelayanan. Kami tidak membedakan finansial pemilik hewan. Medis berbicara membantu, bersifat sosial. Maka kami akan menolong penyayang hewan sekalipun yang tdk memiliki dana”. Selain itu, Wywy mendirikan sebuah yayasan sosial di bidang hewan yang bernama March Animal Foundation. Yayasan ini memiliki program pemberian vaksin dan steril gratis, pertolongan hewan terlantar, membuat shelter hewan, dan memberikan edukasi bagi masyarakat untuk menjaga kelestarian hewan disekitar.

Tuhan menciptakan manusia, alam, hewan, dan tumbuhan. Kewajiban manusia adalah memelihara dan menjaga keberadaan makhluk ciptaan Tuhan yang lain. Dia menekankan kata-kata, “jika bukan kita, siapa lagi”. Motto Dokter Hewan adalah Manusia Mriga Satwa sewaka, artinya keberadaan kami sebagai dokter hewan berperan penting untuk menjamin kesejahteraan manusia, melalui hewan yang sehat di lingkungan sekitar kita.”

Hewan Sehat, Manusia Sejahtera.

(Hendriko Siahaan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here